Senin, 16 Januari 2012

Desa Kepuk

desa yang berada di wilayah kecamatan bangsri ini berada di dekat lereng muria. memiliki lahan tanah terluas di kabupaten jepara tdak hayal mayoritas warganya enjadi petani. luasnya lahan juga dimafaatkan oleh warga kepuk untuk menanam pohon pohon produksi seperti, Mahoni, Sengon Laut dan Jati. di harapkan dari penanaman tersebut dalam jangka lima sampai sepuluh tahun mampu menhasilkan pengahasilan yang besar.

desa kepuk juga terkenal dengan kesenian Emprak. ini merupakan kesenian kampung yang mampu mendunia. sehingga banyak kelompok kelompok Emprak pada tahun 80an bermunculan. namun seiring perkembangan zaman dan banyak hiburan alternatif lainnya sehingga kesenian yang menjadi kebanggn warga kepuk sedikit demi sedikit berkurang.masyarakat lebih suka engan telivisi dan hiburan yang lainnya. kalau dulu setiap hajatan pasti ada empraknya sekarang lebih sering musik dangdut sebagai hiburan.

selain menjadi petani warga dsa kpuk juga memproduksi kerajinan anyaman bambu (gedhek). meskipun pengrajin kebanyakkan  hanya home industri. kerajinan bambu ini juga menjadi penghasilan utama sebagian warga kepuk. namun disayangkan pengrajin masih banyak dilakukan oleh para orang tua belum ada regenerasi untuk mengembangkan kerajinan bambu (Gedhek)

dalam bidang kepemudaan desa kepuk mempunyai banyak organisasi non formal yang bergerak dibidang pengembangan masyarakat. gabungan masyarakat peduli taradisi yang sering juga di sebut GAMAPETRA, bergerak dibidang seni dan budaya tradisi desa. sudah dua kali mengadakan kegiatan berkaliber kabupaten serta mampu menyedot perhatian masyarakat penikamat tradisi dan budaya. kegiatan itu bernamaMEMEDEN GADU atau sering dikenal oleh masyarakat orang orangan sawah.

selain Gamapetra ada juga kelompok Pemuda IRC (Ikatan Remaja Creativ) yang bergerak di ranah pendidikan non formal. memiliki sekitar empat puluh anak didik dan sering mengadakan pelatihan pelatihan pengembangan life skill. desa kepuk memang bertempat di pelosok namun semangat kemajuan tak kamu kalah dengan orang orang di kota.

maka jangan ragu untuk berkunjung ke desa kepuk. jangan dilihat peloksoknya. kepuk kini telah ada HOT SPOT areanya.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar